Program Penelitian

RISET UNGGULAN INSTITUSI

Penelitian Unggulan Institusi yang akan menjadi payung utama penelitian sampai tahun 2017 adalah penelitian dalam bidang Pembangunan Manusia dan daya saing bangsa sebagai Tema ini sengaja diangkat untuk merespon isu strategis tentang menurunnya nilai-nilai budaya, integritas dan identitas nasional. Adapun konsep pemecahan masalah yang diangkat terkait dengan :

1. Peningkatan kesadaran terhadap nilai-nilai budaya menuju peradaban (Pendidikan berwawasan kearifan lokal).

2. Pengentasan kemiskinan & pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan Penguatan nilai-nilai kebangsaan dan budi pekerti bangsa.

3. Integrasi nasional dan harmonisasi social.

 

Adapun topik-topik penelitian yang bisa diangkat diantaranya:

1. Pendidikan berwawasan kearifan lokal yaitu pendidikan berbasis nilai-nilai budaya, integritas, dan identitas nasional, baik di dalam maupun di luar sekolah.

2. Pengentasan kemiskinan & pembangunan sumber daya manusia (SDM).

3. Integrasi nasional dan harmonisasi sosial.

 

ROAD MAP PENELITIAN

Pada tahun 2012–2013 penelitian diarahkan pada penelaahan secara teori terhadap :

1. Konsep Pendidikan berwawasan kearifan lokal, nilai-nilai budaya dan integritas nasional, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

2. Kerangka teori tentang Pengentasan kemiskinan & pembangunan sumber daya manusia (SDM).

3. Integrasi nasional dan harmonisasi sosial.

 

Pada tahun 2013-2014 penelitian institusi diarahkan pada langkah–langkah penentuan model, metode dan teknologi yang terkait dengan :

1. Metode Pendidikan nilai-nilai budaya dan integritas nasional, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

2. Model akar permasalahan konflik antar kelompok dan solusinya.

3. Metode pendidikan yang bertumpu pada kearifan lokal dalam pengembangan potensi sumberdaya manusia.

 

Pada tahun 2014-2015 penelitian institusi diarahkan kepada analisa tanggapan masyarakat terhadap penerapan :

1. Metode Pendidikan nilai-nilai budaya dan integritas nasional, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

2. Model akar permasalahan konflik antar kelompok dan solusinya.

3. Metode pendidikan yang bertumpu pada kearifan lokal dalam pengembangan potensi sumberdaya manusia.

WhatsApp chat